Beranda > Sains > Sedikit Tentang Nobel. . .Penghargaan Tertinggi!!

Sedikit Tentang Nobel. . .Penghargaan Tertinggi!!

26 Agustus 2010

Hadiah Nobel diberikan setiap tahun untuk enam bidang, yaitu fisika, kimia, kedokteran, sastra, perdamaian, dan, diberikan sejak 1969, ekonomi. Hadiah perdamaian diberikan oleh Komisi Nobel Norwegia, sementara bidang lainnya oleh Komisi Nobel di Swedia. Komisi-komisi ini ada di bawah Yayasan Nobel yang dibentuk pada 29 Juni 1900 sebagai realisasi wasiat Alfred Nobel.

Panitia hadiah fisika, kimia, dan ekonomi dipercayakan pada Akademi Ilmu Pengetahuan Swedia. Sedangkan bidang fisiologi atau kedokteran pada Institut Karolinska di Stokholm. Bidang kesusastraan ditangani oleh Akademi Swedia.

Di Stokholm, Swedia, selain pemberi hadiah Nobel Yayasan Nobel juga mewakili lembaga Nobel ke luar, misalnya dalam berbagai kegiatan informatif dan mengatur presentasi Hadiah Nobel. Namun, yayasan itu tidak terlibat dalam proses seleksi dan memilih Laureate. Untuk tugas ini dilakukan oleh panitia Hadiah Nobel yang terlepas dari urusan pemerintahan dan Yayasan Nobel.


Di Oslo, Norwegia, urusan Hadiah Nobel dipegang oleh Institut Nobel Norwegia yang didirikan tahun 1904. Tugas utamanya membantu Komisi Nobel dalam menyeleksi para calon penerima Hadiah Perdamaian dan mengorganisasi acara-acara tahunan Nobel di Oslo.

Pemberian hadiah dilangsungkan pada tanggal 10 Desember (memperingati meninggalnya Alfred Nobel). Setiap bagian boleh memilih tidak lebih dari tiga pemenang. Komisi Nobel Norwegia menetapkan para nominasi sebelum 1 Februari. Nominasi yang terlambat, diikutsertakan dalam diskusi untuk tahun berikutnya. Daftar nama penerima Hadiah Nobel biasanya diumumkan hari Jumat pertengahan Oktober di gedung Institut Nobel.

Jumlah uang hadiah turut pula menaikkan gengsi Hadiah Nobel. Meski, jumlah itu tidak seberapa kalau dibandingkan dengan jumlah di masa-masa awal. Tahun ini, jumlahnya hampir senilai AS $ 1 juta per kategori. Sumber pendanaannya, selain aset Alfred Nobel juga pelbagai lembaga di dunia

[http://www.artikelpintar.com]

Iklan
Kategori:Sains
%d blogger menyukai ini: