Beranda > Sains > Senang Pakai Produk “Nike”?, Ini Dibalik Logonya. .

Senang Pakai Produk “Nike”?, Ini Dibalik Logonya. .

2 September 2010

Nah… mengenai logo NIKE kenapa cuman gambar tanda pemeriksaan (check) atau centang?

Logo NIKE ini bernama Swoosh. Nike “Swoosh” adalah sebuah desain yang diciptakan pada tahun 1971 oleh

Dalam mitologi Yunani, Nike (yang berarti kemenangan) adalah dewi yang dihubungkan dengan kemenangan dan keberhasilan. Bangsa Romawi menyamakan Dewi Nike dengan Dewi Victoria. Menurut berbagai dongeng, Dewi Nike disebutkan sebagai putri dari Pallas (Titan) dan Styx (Dewi Air), saudari dari Cratos, Bia dan Zelus. Dewi Nike dan dan saudara saudari kandungnya menyertai Zeus pada saat perang melawan Titan.

Nike sering digambarkan bersayap dalam lukisan maupun patung. Sebagian besar dewa-dewi Yunani kuno dapat melepaskan sayapnya. Nike adalah dewi kekuatan, kecepatan dan kemenangan baik dalam peperangan maupun dalam kompetisi. Nike berteman dekat dengan Athena (dewi kebijaksanaan).

Nike merupakan salah satu dewi yang figurnya digunakan pada koin. Selain itu figur Nike juga digunakan untuk piala FIFA pertama yang dikenal sebagai piala Jules Rimet. Sejak tahun 1928, figur nike digunakan untuk medali Olimpiade musim panas, yang digambarkan sedang memegang daun palem ditangan kiri dan mahkota kemenangan ditangan kanan.

Perusahaan sport terkemuka, Nike Inc. mengambil nama dewi Nike tersebut…

Nike Inc. adalah salah satu perusahaan sepatu, pakaian dan alat-alat olahraga Amerika Serikat yang merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Mereka terkenal karena mensponsori beberapa olahragawan terkenal di dunia seperti Tiger Woods, Ronaldo, Maria Sharapova dan Michael Jordan. Selain itu mereka juga memiliki perjanjian dengan berbagai tim sepak bola dunia seperti Manchester United, Arsenal, Inter Milan, Barcelona, Atlético de Madrid, Borussia Dortmund, PSV Eindhoven, FC Porto dan Paris Saint-Germain.

Ternyata desain logo Nike adalah sayap abstrak dari dewi Nike, sesuai dan bermakna simbol bagi perusahaan yang memasarkan sepatu lari. Slogan “JUST DO IT” dan kampanye desain logo yang kuat seperti itu dikomunikasikan menjadi sudut pandang target pasar mereka bahwa makna untuk desain logo simbol berkembang menjadi teriakan perang dan cara hidup bagi seluruh generasi. Bukankah menakjubkan bagaimana simbol kecil yang kita sebut desain logo dapat membuat perusahaan menjadi sukses besar.

[http://ruangberita.com]

Iklan
Kategori:Sains
%d blogger menyukai ini: