Beranda > Sains > Yang Belum Tau, Ni Dia Seluk Beluk Teh. . .

Yang Belum Tau, Ni Dia Seluk Beluk Teh. . .

7 September 2010
Aroma : Bau yang berasal dari uap air teh yang telah diseduh.
Blister Blight Disease : Penyakit cacar pada tanaman teh yang disebabkan oleh jamur Exobasidium vexans. Penyakit ini ditandai dengan kumpulan spora berdinding tipis, berlendir dan melekat dengan sangat kuat di permukaan daun teh.
Chai Tea : Teh yang berasal dari India dan sangat digemari di sana. Terbuat dari campuran teh hitam, perasa rempah-rempah dan susu.
Grade Teh (Tea Grade) : Jenis hasil olahan pada proses pembuatan teh melalui tahapan sortasi kering. Grade teh menentukan aroma, citarasa, warna seduhan dan kualitas teh yang dihasilkan. Grade ini dibedakan dari jenisnya yaitu grade teh daun (leaves), grade teh bubuk (broken) dan grade teh halus (small grades).
Hiaten : Area kosong pada hamparan kebun teh. Hal tersebut dapat disebabkan karena beberapa perdu teh yang rusak atau mati. Semakin besar hiaten, maka kerapatan rata-rata tanaman teh per satuan luas semakin rendah.
Klon Teh (Tea Clone) : Varietas teh unggul yang didapat dari proses persilangan atau dengan teknik kultur jaringan. Selanjutnya setelah dirilis, dapat diperbanyak secara setek.
Manjing : (Bahasa Sunda), pucuk daun teh yang memenuhi syarat untuk dipetik, sesuai syarat yang ditentukan.
Pekoe : Sebutan “pucuk daun” teh yang masih kuncup, berasal dari kata dalam bahasa China yang penyebutannya dipendekkan (pek oh). Arti sebutan tersebut adalah “rambut putih” yang menunjukkan kepada bulu-bulu halus yang berada di bagian sisi belakang pucuk daun teh yang masih kuncup tersebut.
Pucuk Burung : (Bahasa Sunda), ditandai dengan pucuk daun teh yang terbuka (tidak kuncup seperti pekoe), dan terdapat tunas tidak aktif berbentuk titik tumbuh yang terletak di ujung tangkai pucuk. Terjadi karena faktor cekaman lingkungan atau kekurangan unsur hara dalam tanah.
Teh Blended (Campuran) : Beberapa jenis grade teh yang dicampur. Sebanyak lebih dari 20 campuran teh bisa diperoleh untuk mendapatkan citarasa seduhan teh yang diinginkan.
Iklan
Kategori:Sains
%d blogger menyukai ini: