Beranda > Teknologi > “Google Caffeine” Mesin Index Terbaru Google

“Google Caffeine” Mesin Index Terbaru Google

13 September 2010

Perusahaan besar Google mengumumkan telah menyelesaikan sistem web indexing  yang baru dengan sebutan Caffeine. Dengan Caffeine, Google mengharapkan dapat memberikan hasil 50 persen jadi tambah segar guna pencarian web dari indeks yang terakhir, dan sistem ini mempunyai koleksi paling banyak dari konten web yang pernah ditawarkan. Entah itu berita, blog atau posting forum, saat ini anda akan mendapatkan link ke konten yang relevan lebih cepat setelah ditampilkan dibanding yang mungkin pernah ada sebelumnya.

Perlu diketahui jarang dapat menemukan search engine seperti Google dalam suatu website, sebenarnya ketika mencari di search engine google, kita sedang tidak mencari sebuah live web di Google namun kita mencari indeks web tersebut dari Google. Hal ini kelihatan sama seperti saat melihat indeks pada sebuah buku yang membantu mempercepat menemukan suatu halaman yang tepat untuk materi yang dicari.

Jadi, kenapa harus membuat sebuah sistem pencari indeks paling baru? Konten di web cepat berkembangnya. Perkembangan ini bukan hanya dalam ukuran dan jumlah namun dengan adanya perkembangan video, gambar, berita dan real-time update, rata-rata halaman Web dapat lebih bervariasi dan lebih kompleks. Selain itu, kebutuhan semua orang untuk pencarian ”search” lebih tinggi dibanding dulu. Orang Orang ingin mendapatkan konten yang relevan terbaru dan pemilik web mengharapkan supaya dapat ditemukan secara lebih cepat oleh masyarakat.

Supaya dapat mengikuti evolusi web dan juga untuk memenuhi meningkatnya harapan pengguna, Google sudah membuat Caffeine. Indeks yang lama  mempunyai beberapa lapisan, beberapa diperbaharui dengan tingkat lebih cepat daripada yang lain, lapisan paling utama akan diperbaharui hampir setiap dua minggu. Untuk dapat me-refresh lapisan indeks yang lama, Google akan menganalisis seluruh konten web, yang berarti akan ada penundaan signifikan antara saat Google menemukan halaman dan membuatnya tersedia bagi Anda.

Dengan adanya Caffeine, Google dapat menganalisis web di dalam porsi kecil dan memperbarui indeks pencarian secara terus menerus, secara global. Disaat engine ini dapat menemukan halaman baru, atau informasi yang baru pada halaman yang ada, langsung bisa menambahkan ke indeks. Dengan begitu berarti dapat ditemukan informasi terbaru yang lebih cepat dibanding sebelumnya, tidak dipedulikan kapan ataupun di mana ia dipublikasikan.

Google dengan Caffeinenya dimungkinkan mengindeks suatu halaman web dalam skala besar. Kemungkinan, setiap detik Caffeine dapat memproses ratusan ribu halaman secara bersamaan. Jika ini merupakan tumpukan kertas maka bisa terlihat seperti bertambah tiga mil lebih tinggi di setiap detik. Caffeine membutuhkan hingga 100 juta gigabyte penyimpanan di dalam satu database dan menambahkan informasi yang baru pada tingkatan ratusan ribu gigabyte per harinya. Akan dibutuhkan 625.000 dari iPod kapasitas paling besar untuk menyimpan informasi yang lebih banyak, jika ini disambungkan satu demi satu akan mencapai panjang lebih dari 40 mil.

Google sudah membuat Caffeine oleh para engineer Google untuk masa depan. Dengan ini memungkinkan dapat dibangun sebuah search engine yang lebih cepat dan komprehensif seiring dengan skala pertumbuhan informasi online, dan kemungkinan dapat memberikan hasil pencarian yang lebih relevan. Jadi bisa dinantikan perkembangan yang terus menerus sedang terjadi sampai bulan-bulan ke depan.

[http://blog.oryn-cell.com]

Iklan
Kategori:Teknologi
%d blogger menyukai ini: