Beranda > Otomotif > Honda Persiapkan Lawan Ninja 250 Di Indonesia

Honda Persiapkan Lawan Ninja 250 Di Indonesia

16 September 2010

Honda telah menggunakan perusahaan riset pasar untuk mengkaji model yang tepat. mereka mengirim tim dan mendatangi komunitas-komunitas motor yang ada sebagai target riset.

Di antara tim yang datang terdapat orang Jepang. “Mereka memperlihatkan beberapa gambar model motor,  salah satunya seperti model Honda”.

Banyak pertanyaan yang diajukan kepada target riset. Mulai dari selera terhadap bentuk touring hingga sport. Mereka juga bertanya tentang harga yang tepat untuk gambar model-model motor 250cc.

Honda sendiri menampik isyu tentang rencana penjualan sepeda motor 250cc di Indonesia. Menurut General Marketing Planning Analisis PT Astra Honda Motor Agustinus Indra Putra, cerita itu hanyalah sebuah spekulasi.

Lebih lagi bahwa sebuah riset merupakan hal yang lumrah. Apalagi Honda adalah industri yang berinvestasi jangka panjang di Indonesia.

Honda VTR250 atau CBF250?

Meski begitu, keluar dari spekulasi tersebut, sejak 12 tahun lalu Honda telah memiliki model VTR250 yang siap melawan Kawasaki Ninja 250R. Model naked bike ini untuk sementara hanya dijual secara resmi di Jepang dan beberapa negara di Eropa.

VTR 250 Yellow

VTR 250

Sementara itu, saat ini Honda Australia masih menjual model CBF250 yang auranya tidak terlalu menarik karena menyerupai Honda Tiger.

Merujuk pada isyu di atas, bila Honda ingin melepas model 250cc di Indonesia, maka model yang lebih menggingit sepertinya VTR250. Motor dengan rangka tubular ini memiliki bentuk yang hampir menyamai Ducati Monster dalam ukuran kecil.

Secara teknis, motor TVR250 memiliki peluang untuk mencuri pasar dari Ninja 250R. Lewat mesin 250cc injection, VTR250 mampu menghasilkan tenaga 29 hp dengan torsi 21,69 Nm.

CBF 250

CBF 250

Performa tersebut lebih kecil dari Ninja 250R yang menghasilkan tenaga 32 hp, namun dengan torsi yang sama.

Kendati demikian, media barat menyebut VTR250 sebagai lawan setimpal bagi Ninja 250R. Miyazaki, seorang jurnalis sekaligus tester motor asal Jepang, mengatakan performa VTR250 terasa lebih besar dari tenaga yang dimilikinya.

“Mesin Honda sangat bagus. Dia mengayuh torsi mulai dari 4.000rpm dan respon gas sangat linier serta cepat menembus garismerah,” katanya dalam sebuah artikel di MCN. “Walau Honda mengklaim tenaganya hanya 29 hp, namun yang saya rasakan seperti lebih dari itu.”

Dibandingkan dengan Ninja, menurut Miyazaki, VTR lebih baik, terutama untuk penggunaan di dalam kota. “Bila Anda bertanya tentang pengendaraan di kota, VTR sangat baik,” ujarnya.


Iklan
Kategori:Otomotif
%d blogger menyukai ini: