Beranda > Spiritual, Wisata > Tirta Sudamala. . .Spiritual dan Relaksasi Alam Di Bangli, Bali

Tirta Sudamala. . .Spiritual dan Relaksasi Alam Di Bangli, Bali

23 September 2010

Pura Tirta Sudamala/Tirta Sudamala di Desa Bebalang Bangli ini sejak dulu diyakini mampu menciptakan aura pembersihan bagi siapa saja yang mandi dan melukat di pancurannya. Letaknya tidak jauh dari pusat Kota Bangli tepatnya kurang lebih 1km arah barat daya pusat kota Bangli. Berada di tengah lebatnya pepohonan yang masih sangat alami dan jauh dari keramaian jalan dan kehidupan kota akan memberikan nuansa spiritual yang kental. Untuk mencapainya, kita harus melewati jalanan yang cukup curam. tapi tidak perlu khawatir, karena kondisi jalannya cukup bagus.

Pura Tirta Sudamala, memiliki sejumlah pancuran dengan ukuran dan ketinggian berbeda kurang lebih terdapat sekitar 11 pancuran. Air pancuran berasal dari mata air di sekitar sebuah pohon bunut besar yang telah berusia ratusan tahun. mata air ini tidak pernah kering, meskipun saat sedang musim kemarau.

Aktivitas di Pancuran tentu tidak pernah sepi. karena airnya yang jernih, masyarakat Desa Bebalang dan sekitarnya memanfaatkan air pancuran sebagai air minum. Selain itu sungai yang mengalir jernih di sekitar pancuran, kerap digunakan untuk mandi. Air yang mengalir deras dari pancuran juga sering dimanfaatkan untuk refleksi/pemijatan.

Pemandangan menarik bisa kita lihat saat Purnama dan Tilem dan juga hari raya besar seperti Galungan, Kuningan dan Banyupinaruh. Pura Tirta Sudamala akan dikunjungi banyak umat hindu dari berbagai daerah untuk melakukan pembersihan fisik dan rohani melalui pengelukatan.

Tirta Sudamala juga dipercaya bisa menghilangkan penyakit akibat dari black magic atau ilmu hitam dan sejenisnya, dengan cara mandi di semua pancuran dengan bergantian tapi sebelumnya harus melakukan ijin dengan menghaturkan sesajen atau istilah di bali “Matur Piuning” di pura sebelah bawah pohon bunut tersebut.

Iklan
Kategori:Spiritual, Wisata
%d blogger menyukai ini: