Beranda > Kesehatan, Psikologi, Sains, Tip&Trik > Latihan Relaksasi dan Hypnobirthing. . .

Latihan Relaksasi dan Hypnobirthing. . .

6 Oktober 2010
Rasa takut yang berlebihan mengundang datangnya nyeri saat melahirkan. Kalau rekaman ketakutan itu ditepis, rasa sakit bisa dikurangi. Inilah salah satu prinsip hypnobirthing yang banyak dipraktekkan oleh ibu-ibu hamil di AS.
Barangkali kondisi ini yang didambakan para ibu ketika melahirkan. Tetapi pengalaman sering berbicara lain. Justru suasana tegang dan penuh kecemasanlah yang lebih mendominasi. Jadilah teknik persiapan melahirkan menjadi sangat penting.
Metode ini mula-mula diperkenalkan tahun 1951 dan dimotori oleh Dr. Lamaze seorang dokter ahli kebidanan asal Prancis. Namun gagasan awal sesungguhnya berasal dari Dr. Greatley Dick Read, dari Inggris, yang juga menulis buku Childbirth Without Fear.
Menurutnya, nyeri pada saat melahirkan terjadi lantaran rasa takut yang berlebihan. Rasa nyeri itu dapat diredam bahkan dihilangkan dengan latihan relaksasi selama proses kehamilan. Menurut dr. Erwin Kusuma psikiater anak dan remaja Klinik Prorevital yang mendalami hipnosis dan spiritual psychiatry banyak kecemasan pada orang dewasa akibat rekaman rasa cemas yang tertanam sejak janin berada dalam kandungan. Padahal janin sesungguhnya membutuhkan suasana penuh ketenangan dan kedamaian.
Beberapa riset di negara barat membuktikan para ibu yang mengikuti latihan relaksasi selama kehamilan bisa menekan komplikasi saat melahirkan. Rasa sakit saat melahirkan misalnya sudah terekam di alam bawah sadar hampir setiap wanita. Rekaman ini ibarat data yang sudah tertanam pada disket. Pada saatnya, hasil rekaman itu bisa dicetak atau dilihat hasilnya bila kita memerintahkannya, misalnya dengan menekan tombol print yang berarti perintah mencetak.
Begitu juga dengan rekaman di alam bawah sadar manusia dalam bentuk rekaman “sakit pada saat melahirkan”. Hasil rekaman dalam bentuk rasa sakit ini bakal muncul saat proses kelahiran berlangsung. Bentuknya bisa rasa panik saat kontraksi yang memicu rasa sakit yang berlebihan.
Saya teringat pada saat saya hamil dulu saya dianjurkan selalu memakai peniti dan gunting kecil yang harus selalu dipasang di baju saya. Setiap saya ganti baju penitipun di pasang sambil mengatakan, “Saya dan jabang bayi selamat”.
Belakangan saya sadar ini adalah pemrograman alam bawah sadar. Selama hamil kita juga harus berpikiran positif dan mengenang yang indah-indah. Kalau melihat yang kurang pantas kita langsung ketok meja tiga kali sambil menyebut “amit-amit jabang bayi”.
Yang ini adalah proses menghilangkan rekaman-rekaman buruk di alam bawah sadarnya. Dengan menjalani latihan relaksasi dan hypnobirthing rekaman-rekaman buruk alam bawah sadar itu akan dinetralisir. Disamping bertujuan menghilangkan ketegangan mental dan fisik ibu hamil sekaligus bayinya. Dalam kondisi tenang ibu hamil dapat mengaktifkan tenaga dalamnya untuk mengejan.
[artikelpintar.com]
Iklan
%d blogger menyukai ini: