Beranda > Gaya Hidup, Kesehatan, Sains, Tip&Trik > Kandungan Makanan/Minuman Yang Mempengaruhi Tidur Anda. . .

Kandungan Makanan/Minuman Yang Mempengaruhi Tidur Anda. . .

8 Oktober 2010

Apa yang anda makan mempengaruhi bagaimana anda tidur

Jika anda dapat memilih makanan yang tepat untuk membantu anda mendapatkan kemungkinan tidur yang terbaik, maukah anda? Dan jika anda tahu makanan apa saja yang mengganggu istirahat anda, akankah anda menghindarinya? Sekarang ini kesempatan anda untuk mempelajari makanan mana yang bisa dikonsumsi, dan yang mana yang mengganggu tidur anda.

 

Pilih makanan yang kaya tryptophan

Kita semua mendengar kemampuan ajaib dari susu hangat yang bisa mengirim kita ke alam mimpi. Tahukah anda kalau itu benar? Makanan-makanan dari susu mengandung tryptophan, yang mengandung zat-zat yang mendukung tidur. Makanan-makanan lain yang mengandung tryptophan antara lain unggas, pisang, gandum dan madu.

 

Mengemil sebelum waktu tidur

Jika anda mengalami insomnia, sedikit makanan dalam perut anda bisa membantu anda tidur. Tetapi jangan mengganggap ini sebagai undangan untuk makan besar. Tetaplah dalam porsi kecil. Makanan berat akan membebani sistim pencernaan anda, membuat anda tidak nyaman dan sulit tidur.

 

Letakkan burger dan kentang goreng!

Jika anda memerlukan alasan lain untuk menghindari makanan yang tinggi lemak, penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang sering mengkonsumsi makanan tinggi lemak tidak hanya naik berat badannya, tetapi mereka juga mengalami gangguan dalam siklus tidur mereka.

 

Hati-hati dengan kafein yang tersembunyi

Bukan kejutan lagi bahwa meminum secangkir kopi dimalam hari dapat mengganggu tidur anda. Bahkan kafein yang sedangpun dapat menyebabkan gangguan tidur. Tetapi jangan lupa akan sumber-sumber kafein yang kurang kentara seperti coklat, cola, teh dan kopi de-kafein. Untuk tidur yang lebih baik, pangkas semua kafein dari makanan anda setelah siang hari setiap hari.

 

Obat-obatan dapat mengandung kafein

Beberapa obat yang dijual bebas dan diresepkan mengandung kafein juga, seperti penghilang rasa sakit, pil-pil penurun berat badan, diuretik dan obat-obat flu. Semua ini dan obat-obat yang lain bisa memiliki sebanyak atau lebih banyak kafein dibandingkan secangkir kopi. Periksa label obat-obat yang dijual bebas atau lembar informasi obat resep untuk melihat apakah obat anda mengganggu tidur atau dapat menyebabkan insomnia.

 

Lewatkan minuman keras.

Berikut adalah hasil yang anda dapat jika mengkonsumsi alkohol sebelum tidur: Alkohol dapat membantu anda cepat tertidur, tetapi anda mungkin sering terbangun, tidur kurang nyenyak, sakit kepala, keringat dingin di malam hari dan mimpi buruk. Jika anda mengkonsumsi alkohol di malam hari, seimbangkan setiap minuman dengan segelas air untuk mencairkan efek alkohol.

 

Hati-hati dengan makanan berat dan pedas.

Berbaring dengan perut penuh dapat membuat anda tidak nyaman, karena sistim pencernaan anda melambat saat anda tidur. Dan makanan pedas dapat menyebabkan rasa panas dalam perut. Pastikan untuk menghabiskan makanan berat anda sedikitnya 4 jam sebelum waktu tidur.

 

Minimumkan protein saat waktu tidur.

Maaf Atkins. Protein, bagian penting dalam makanan setiap hari kita, adalah pilihan yang buruk sebagai cemilan sebelum tidur. Makanan yang kaya protein sulit untuk dicerna. Jadi lewatkan cemilan yang berprotein tinggi sebelum tidur dan pilihlah segelas susu hangat atau cemilan karbohidrat yang ramah, seperti kraker.

 

Kurangi cairan mulai jam 8 malam

Yap, tetap hidrasi sepanjang hari baik untuk tubuh anda, tetapi batasi asupan cairan anda sebelum tidur. Anda pastinya terganggu tidurnya jika anda terus menerus harus pergi ke kamar kecil.

 

Jangan diperdaya oleh asap yang menenangkan.

Nikotin itu sebuah stimulator, dengan efek yang sama dengan kafein. Hindari rokok sebelum tidur atau jika anda terbangun di tengah malam.

[medicalera.com]

Iklan
%d blogger menyukai ini: