Beranda > Astronomi & Antariksa, Sains, Teknologi > Kenapa Satelit Bisa Tetap Pada Orbitnya. . .

Kenapa Satelit Bisa Tetap Pada Orbitnya. . .

8 Oktober 2010

Pada hakekatnya satelit itu ialah sebuah benda yang beredar mengelilingi sebuah planet di dalam tatasurya. Diantara planet-planet ada yang memiliki beberapa satelit. Di seluruh tatasurya terdapat kira-kira 30 buah satelit. Planet yang kita tempati, yaitu bumi hanya memiliki sebuah satelit saja, itulah bulan yang kita lihat terang di waktu malam.Benda yang pertama kali dilemparkan oleh manusia ke ruang angkasa dinamakan satelit, karena benda itu juga beredar mengelilingi bumi seperti sebuah satelir alam. Benda itu mengelilingi bumi pada sebuah orbit atau lintasan seperti yang dilakukan oleh bulan.
Supaya satelit buatan dapat tetap pada lintasannya, maka satelir itu harus memiliki gaya-gaya seperti yang dimiliki bulan. Perbedaannya yaitu, gaya tarik bumi yang menarik satelit buatan lebih besar daripada yang menarik bulan, karena letak satelit itu dekat ke bumi dari pada ke bulan.
Untuk mendapatkan keseimbangan, antara gaya tarik bumi dan gaya gerak menjauh itu, satelit buatan harus bergerak lebih cepat dari bulan. Jika satelit bergerak terlalu lambat, maka satelit itu akan jatuh kembali ke bumi. Sebaliknya, jika terlalu cepat, maka satelit itu akan terlepas dari gaya tarik bumi. Keseimbangan antara kedua gaya itu dapat dicapai jika kecepatan satelit itu 30.000 km sejam. Pada kecepatan itu, satelit akan tetap beredar mengelilingi bumi.

Iklan
%d blogger menyukai ini: