Beranda > Gaya Hidup, Kesehatan, Tip&Trik > Cara Diet Untuk Mencegah Migrain. . .

Cara Diet Untuk Mencegah Migrain. . .

16 Oktober 2010

Jika Anda pusing-pusing karena migrain, mungkin penyebabnya adalah makanan yang kurang tepat. Ahli gizi Fiona Hunter menjelaskan bahwa masalah ini bisa diatasi dengan diet yang tepat.

Sebagian besar pemicu serangan migrain adalah makanan tertentu, seperti anggur merah, kafein, keju, dan jeruk. Jenis makanan itu mengandung vaso-active amines yang dapat memperbesar pembuluh darah, sehingga menimbulkan migrain bagi beberapa orang.

Dalam banyak kasus, migrain disebabkan oleh reaksi zat kimia ini dibandingkan sebuah respon alergi. Namun, pada sebagian kecil penderita, pemicu utamanya adalah alergi makanan.

Kadangkala pemicu migrain juga berasal dari kombinasi berbagai faktor, seperti stres, kelelahan, PMS (sindrom pra-menstruasi) dan lapar, atau makanan tertentu. Untuk menghindarinya, British Migraine Association menyarankan untuk mencegah penurunan kadar gula darah saat jarak antara waktu makan berjauhan.

Makanlah sedikit demi sedikit, tapi sering. Hindari makanan yang manis, seperti cokelat. Sebagai gantinya, pilihlah sayuran dan buah-buahan. Selain itu ada baiknya mengonsumsi makanan kecil saat larut malam untuk mencegah serangan migrain pada pagi hari. Jangan terlambat sarapan.
Berikut beberapa catatan dari Alicia Hunter bagi para penderita migrain.

Harus Dihindari:
Minuman yang berasal dari anggur, seperti anggur merah, anggur port, sherry (jenis minuman angggur yang berasa manis), dan bir.
Teh, kopi, cola, cokelat.
Keju.
Jeruk dan jus buah.
Ekstrak ragi.
Kacang panjang, pisang, alpukat.
Sebagai Penggantinya:

Anggur putih.
Teh atau kopi yang tidak mengandung kafein dan teh herbal.
Keju lembut, yoghurt, dan fromage frais (keju yang terbuat dari susu kambing).
Apel dan pir.
Perlu Diperhatikan:
Membuat catatan jika serangan migrain dibarengi gejala lainnya atau jika kambuh setelah mengonsumsi makanan atau minuman tertentu.
Jika serangan migrain berkaitan dengan menstruasi, hindari makanan yang menjadi penyebabnya seminggu sebelum masa menstruasi.
Jika Anda punya kebiasaan minum anggur merah, gantilah dengan yang bermutu tinggi. Penelitian membuktikan bahwa anggur merah yang sangat mahal dapat mengurangi serangan.
Bagi yang sering mengalami serangan migrain pada pagi hari, sebaiknya mengonsumsi makanan kecil sebelum tidur malam.

[infeksi.com]

Iklan
%d blogger menyukai ini: