Beranda > Gadget, Komputer/IT/Programmer, Teknologi > Intel Light Peak: Transfer Data Dengan Kecepatan “Minimal” 10 Gbps. . .

Intel Light Peak: Transfer Data Dengan Kecepatan “Minimal” 10 Gbps. . .

4 November 2010

image

Berapa lama anda butuh waktu untuk transfer data sebesar 100 GB dari satu komputer ke komputer lain atau ke hardisk eksternal? Pastinya butuh waktu cukup lama walaupun sudah menggunakan USB 3.0 sekalipun.

Light Peak adalah sebuah teknologi terbaru dari Intel yang menggunakan kabel optic sebagai media transfer yang kecepatannya saat ini mencapai hanya 10Gbps.

Kenapa kami bilang hanya 10 Gbps karena saat teknologi ini diperkenalkan adalah merupakan sebuah awal tetapi ke depannya sendiri, Light Peak bisa mentransfer data berkali-kali lipat lebih cepat dari 10 Gbps. Hal ini karena kabel optik sendiri bisa digunakan untuk kecepatan sampai hampir tidak terbatas.

Memang Light Peak tidak bisa berdiri sendiri dalam artian bahwa butuh semacam adapter untuk membuat 2 buah alat bisa berkomunikasi satu sama lain (semacam converter) tetapi kedepannya, Light Peak akan membuat konverter tersebut menyatu di dalam komputer dan bisa menggantikan kabel USB, DisplayPort dan HDMI.

Pada saat demonya, diperlihatkan bagaimana dua buah film berformat HD bisa di stream secara mulus ke layar LCD dengan teknologi Light Peak ini.

Keren yah? Tapi kami sih lebih tertarik teknologi ini digunakan untuk transfer data atau backup hardisk yang kadang buang waktu berharga kami saat ini.

[cabangutama.com]

Iklan
  1. Marzalinta
    7 November 2010 pukul 8:43 PM

    Thanks bgt buat infonya, tp lox bsa tolong d lengkapi dgn sistem pengkabelannya, slm salut!

    • 8 November 2010 pukul 8:54 AM

      makasi sarannya. . .nti di posting berikutnya!!

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
%d blogger menyukai ini: