Beranda > Tip&Trik > Cara Meredam Aroma Buah Durian. . .

Cara Meredam Aroma Buah Durian. . .

2 Desember 2010
Tak selamanya durian kena cekal naik pesawat terbang, hanya gara-gara “BB” (bau buahnya). M. Soedibyo dari Lembaga Penelitian Hortikultura Pasar Minggu berhasil menemukan cara pengemasan yang jitu. Selain baunya tidak tercium, cara pengemasan ini juga dapat mempertahankan kesegaran durian selama tiga hari tiga malam. Jadi, ada peluang memasarkan si Raja Buah ini ke Eropa atau Amerika Serikat.
Caranya? Pilih durian yang bermutu bagus. Siapkan arang kayu nangka yang ditumbuk halus (200 g bubuk arang per buah). Bubuk arang berfungsi sebagai absoben, karena permukaan molekulnya mampu menyerap senyawa belerang yang bersifat gas dan menguap.
Lalu, bubuk arang ditaburkan pada bagian dalam sabut kelapa yang sudah dibasahi air. Sabut kelapa pun dibungkus kain flanel. Selanjutnya, ia siap dibalutkan di sekeliling buah durian sampai betul-betul rapat, lalu diikat kuat-kuat.
Durian yang sudah terbungkus rapat itu dimasukkan ke dalam kantung kertas minyak. Dibungkus lagi dengan kantung kertas semen dan terakhir dibungkus kantung plastik serta direkat menggunakan perekat plastik. Bungkusan durian dimasukkan dalam peti kayu dan siap dikirim ke tempat tujuan.
[artikelpintar.com]
Iklan
Kategori:Tip&Trik
%d blogger menyukai ini: